Rabu, 20 Mei 2015

Pengukungan Profesor Dr. Ir. Saratri Wilonoyudho, M.Si.


Kamis (21/5) Rektor Universitas Negeri Semarang Prof Dr Fathur Rokhman, MHum mengukuhkan dosen Jurusan Teknilk Sipil Fakultas Teknik, Dr Saratri Wilonoyodho sebagai Profesor Bidang Ilmu Kependudukan dan Lingkungan Perkotaan. Acara pengukuhan berlangsung di Auditorium Unnes dengan menyampaikan pidato pengukuhan ”Urbanisasi Berlebih Menyongsong Pulau Jawa Menjadi Pulau Kota”.
Profesor Saratri adalah profesor ke-2 Jurusan Teknik Sipil dan profesor ke-102 Unnes dengan memfokuskan ke bidang arsitektur perkotaan.
Di Indonesia perubahan sosial ekonomi dan kemiskinan di perdesaan telah banyak dibahas dan diteliti, namun penelitian tentang masalah kota boleh dikatakan masih sangat langka. Menurut beberapa ahli, persoalan yang menyertai pertumbuhan kota-kota di negara-negara berkembang adalah kegagalan kebijakan industrialisasi modern di satu sisi dan kegagalan pembangunan pertanian di sisi lain (urban bias), sehingga urbanisasi semakin tidak terkendali.


Jakarta misalnya kini telah “menyatu” dengan Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (“Jabodetabek”) dan membentuk sebuah “megapolitan”. Demikian pula Semarang dengan “Kedungsepur” (Kendal, Demak, Ungaran, Semarang, Purwodadi), atau Surabaya dengan “Gerbang kertasusila” (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan), dan juga kota Bandung Raya. 

Selamat Prof ! semoga amanah baru ini dapat memberikan manfaat, baik dalam karir maupun lembaga dan masyarakat luas.