Kamis, 06 Maret 2014

study tour ke Jepang bidang Urban Engineering and City Planning 2014


Kementerian Riset dan Teknologi (RISTEK) adalah national focal point ASEAN Committee on Science and Technology (ASEAN COST) sejak tahun 1999. ASEAN COST mempunyai mitra dialog yang salah satunya adalah Jepang. Menindak lanjuti pertemuan ASEAN COST ke-66 dengan mitra dialog Jepang pada bulan November 2013 di Kuala Lumpur Malaysia, Pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besar Jepang di Jakarta melakukan pertemuan dengan RISTEK pada tanggal 24 Februari 2013 guna menyampaikan program dari The Japan International Cooperation Center (JICE): Program JENESYS 2.0. Program ini akan memfasilitasi pertukaran pemuda antara Jepang dan negara-negara ASEAN & Oceania.

The JENESYS 2.0 program di tahun 2014 adalah untuk kelompok Iptek Batch ke-8 bertema Urban Engineering and City Planning. Program ini dimaksudkan untuk mengundang para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia guna melaksanakan study tour ke Jepang pada tanggal 22 - 29 April 2014 (8 hari). Pemerintah Jepang akan menanggung 96 pemuda dan pemudi Indonesia, beserta 4 (empat) mentor/supervisor selama di Jepang. Program JENESYS 2.0 hanya mencakup biaya akomodasi, lokal transportasi, meals, termasuk tiket perjalanan ekonomi Jakarta รข€“ Tokyo pulang-pergi. Pemerintah Jepang dan Kementerian RISTEK tidak menyediakan uang saku (allowance/per diem) dan mengharapkan hal ini dapat ditanggung oleh masing-masing peserta.  Selain itu, penerbangan dan akomodasi peserta dari luar Jakarta, sebelum keberangkatan peserta ke Jepang juga menjadi tanggungan peserta.
Persyaratan pemuda yang menjadi peserta adalah sebagai berikut:
  • Berusia 18 - 30 tahun pada saat program ini berlangsung;
  • Berstatus mahasiswa aktif, baik program S1 maupun S2, diutamakan yang terkait dengan urban planning (teknik sipil, arsitek, planologi, arkeologi, dan jurusan/program studi pendukung lainnya);
  • Dapat berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan;
  • Berbadan sehat, tidak cacat jasmani maupun rohani;
  • Mempunyai paspor yang masih berlaku;
  • Dapat bekerjasama dalam kelompok;
  • Menyampaikan dokumen-dokumen persyaratan, yang meliputi:
    1. Copy paspor aktif;
    2. Form Aplikasi Visa (link untuk download form) yang telah diisi;
    3. Copy ijazah pendidikan terakhir atau KTP;
    4. Form Aplikasi Program JENESYS 2.0 (link untuk download form) yang telah diisi;  dan
    5. Pasfoto terbaru (ukuran paspor dan diambil maks. 3 bulan sebelum penyerahan Form Aplikasi Visa dan Form Aplikasi Program JENESYS 2.0.
    kepada Kementerian Riset dan Teknologi paling lambat tanggal 12 Maret 2014, pukul 15:00 WIB, dengan alamat:
    Asisten Deputi Jaringan Iptek Internasional
    Kementerian Riset dan Teknologi
    Gedung 2 BPPT, Lantai 20
    Jl. M.H. Thamrin No. 8, Jakarta 10340
    Informasi lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat pada (link untuk download IMPLEMENTATION GUIDELINES FOR JENESYS 2.0.pdf ) dan (APPLICATION GUIDELINES FOR JENESYS 2.0.pdf), atau dapat menghubungi kontak person di atas. 

sumber  :
http://www.ristek.go.id/?module=File&frame=Pengumuman%2F2014%2Fjenesys%2Fjenesys.html