Sabtu, 07 Desember 2013

TEKNIK ARSITEKTUR UNNES MENGGANDENG ARSITEKTUR UII

Dalam rangka pengembangan program dan peningkatan mutu akademik, Jumat 6 Desember 2013 Program Studi Teknik Arsitektur Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggandeng kerjasama dengan Jurusan Arsitektur FTSP Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Penandatanganan Naskah Kerjasama (MoU) dilaksanakan di Kampus Teknik Arsitektur UII, Gedung Moh Natsir FTSP Jl. Kaliurang KM 14,4 Besi Yogyakarta. Naskah ditandatangani oleh Ketua Jurusan Arsitektur Dr. Ing. Ir. Ilya Fajar Maharika, MA. IAI dan Ketua Jurusan Teknik Sipil Unnes (sebagai induk Prodi Teknik Arsitektur Unnes) Drs. Sucipto, MT  yang didampingi oleh Ketua Program Studi Teknik Arsitektur Ir. Bambang Setyohadi KP, MT, serta dosen Arsitektur Unnes Wiwit Setyowati, ST, MSc dan Teguh Prihanto, ST, MT. Dalam kesempatan tersebut, penandatanganan dilaksanakan dalam sebuah "Seminar International Architecture Accreditation Based On KAAB System" yang diselenggarakan APTARI (Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia). Dimana seminar tersebut dihadiri oleh  delegasi perguruan tinggi arsitektur se-Indonesia dan Delegasi dari Korea Architectural Acrcediting Board (KAAB) dari Korea. 
Tim Unnes melakukan kunjungan di beberapa fasilitas pendukung akademik Jurusan Arsitektur UII, antara lain: ruang pengelola, ruang studio, ruang display/pameran, ruang komputasi, ruang  laboratorium desain, pusat studi dan ruang kuliah. 


Dengan kerjasama ini, diharapkan terjalin program-program yang dapat dikembangkan bersama guna meningkatkan kualitas akademik, khususnya Teknik Arsitektur Unnes yang saat ini dalam tahap perkembangan setelah resmi menyelenggarakan pendidikan arsitektur sejak 2010. Kerjasama akan dikembangkan dalam program penelitian, seminar, jurnal dan kemahasiswaan yang memberikan kontribusi positif dalam perkembangan pendidikan arsitektur di Indonesia.



by. Teguh_Ph