Selasa, 29 Oktober 2013

GKMS 2013 berkonsep Islami dan Penuh Kreativitas

Gebyar Kreatifitas Mahasiswa Sipil (GKMS) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa TeknikSipil Universitas Negeri Semarang. Pada edisi yang kelima ini, GKMS menghadirkan beberapa kegiatan yang akan berlangsung secara bertahap mulai tanggal 31 Oktober 2013 hingga pertengahan Desember.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumya, kali ini kegiatan pembuka GKMS berkonsep Islami yaitu Do’a Bersama dan Maulidurrosul. Dengan menghadirkan KH Habib Umar Muttohar, acara ini bertujuan untuk menyiarkan dakwah islam di lingkungan kampus dan masyarakat umum serta menumbuhkan kecintaan terhadap Allah SWT dan nabi Muhammad SAW. Sebagai salah satu bentuk kegiatan dakwah tersebut adalah pembacaan Maulidurrosul Muhammad SAW dilanjutkan dengan Mauidhoh Khasanah. Do’a bersama dan Maulidurrosul Muhammad SAW ini juga turut mengundang Civitas Akademika Universitas Negeri Semarang yaitu rektor beserta jajarannya, dosen, karyawan, dan mahasiswa Unnes serta tidak lupa masyarakat umum.


Berikutnya ada Lomba Kreatifitas Mahasiswa yaitu berupa lomba desain rumah 2 lantai, desain sculpture tugu Fakultas Teknik, dan lomba sketsa gedung di lingkungan kampus Unnes. Ketiga lomba tersebut dikhususkan untuk kalangan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, kecuali lomba sketsa gedung yang juga dibuka untuk umum.

Kegiatan yang ketiga adalah Seminar Nasional dan Coaching Clinic. Dengan menangangkat tema Analisa Kegagalan Struktur, acara ini akan menghadirkan Pembicara yang ahli di bidang Struktur. Selain itu akan ada Coaching Clinic berkaitan dengan tema tersebut dengan pengaplikasian menggunakan SAP. Beberapa Kuliah umum juga disiapkan untuk menambah pengetahuan Mahasiswa Teknik Sipil di bidang Teknik Sipil dan Arsitektur.

Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan GKMS 5, akan diselenggarakan Civil Engineering Award (CEA). Dalam acara ini akan diberikan penghargaan kepada dosen, karyawan, dan mahasiswa di Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang atas dedikasi dan prestasinya selamamengabdi di JurusanTeknikSipil. Adanya penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi semua dosen, karyawan, dan mahasiswa jurusan teknik sipil untuk terus semangat berkarya memberikan yang terbaik khususnya untuk Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang ini.

(Budi-HIMA)