Kamis, 26 September 2013

Kunjungan ke UPH, Waskita Karya dan Duta Sarana Perkasa di Jakarta

Jakarta: Jurusan Teknik Sipil Unnes melaksanakan kunjungan, pada tanggal 24 dan 25 september 2013 ke tiga tempat di Jakarta, yaitu: Kampus Universitas Pelita Harapan, Kantor Pusat Waskita Karya dan Duta Sarana Perkasa. Kunjungan diikuti oleh hampir semua dosen aktif. 

Kunjungan ke UPH
Pada hari pertama, Rombangan mengunjungi Kampus Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur Universitas Pelita Harapan (UPH). Teknik Sipil masuk ke Faculty of Science and Technology (FaST) . Dalam kunjungan itu, rombongan Jts Unnes disambut oleh pejabat fakultas, kepala laboratorium. Namun tanpa kehadiran dekan yang kebetulan sedang menghadiri acara yang lain. Tujuan kunjungan ini adalah studi banding pengembangan tata kelola kampus, termasuk inspirasi tata lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kampus. Oleh pengelola kampus FaST UPH, rombongan ditunjukkan berbagai fasilitas penunjang pembelajaran bagi mahasiswa, di antaranya adalah perpustakaan, bengkel studio, laboratorium dan ruang-ruang display hasil karya / usaha para mahasiswa. Sarana prasarana pendukung yang baik inilah yang memberikan dorongan bagi kampus UPH menjadi lembaga pendidikan terkemuka di Indonesia dan global. UPH saat ini memiliki kampus di Jakarta dan Surabaya, ke depan akan mengembangkan kampus di Medan, Makassar dan Semarang.


Kunjungan ke Waskita Karya
Pada hari kedua, Rombongan mengunjungi Kantor Waskita Karya di daerah Cawang, Jakarta dan disambut oleh Sekretaris Perusahan, Munib Lusianto beserta direksi yang lain. Sekilas, Bapak Munib menjelaskan company profile perusahaan dan prestasi yang pernah diraih. Dalam kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Teknik Sipil Drs, Sucipto, MT mengharapkan adanya tindak lanjut dan sambutan positif dari PT Waskita Karya terkait dengan kesempatan lulusan dari Jurusan Teknik Sipil Unnes untuk dapat bekerja. Menanggapi hal tersebut, direksi memberikan garis-garis besar sistem penerimaan karyawan/pegawai baik tetap maupun melalui sistem outsourcing. Kesempatan terbuka bagi lulusan manapun, asal memenuhi uji kompetensi yang harus dilalui sebelum bekerja di Waskita Karya.

Kunjungan ke Duta Sarana Perkasa
Setelah mengunjungi PT Waskita Karya, rombongan melanjutkan ke PT Duta Sarana Perkasa sebagai pengembang M-System yaitu system konstruksi Bata bertulang. Kunjungan tidak ke kantor, namun ke area pameran produk M-System. Dalam kesempatan tersebut, rombongan dijelaskan secara teknis pengembangan Bata Bertulang M-System. Sebagai tindak lanjutnya,, Ketua Jurusan Teknik Sipil Unnes mengharapkan adanya kegiatan kemahasiswaan yang didukung oleh pengembangan M-System ini melalui workshop dan sejenisnya. Harapan tersebut disambut positif oleh pengelola PT Duta Sarana Perkasa dan mengharap adanya kerjasama yang lebih nyata.


Reportase:: Teguh PH