Rabu, 28 November 2012

Kontingen HMTS Unnes Juara Umum Lomba ERBC 2012 Tingkat Nasional

Jum’at (19/10) lalu tim dari Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Unnes, telah meraih prestasi juara umum pertama lomba Earthquake Resistance Building Competition (ERBC) di Universitas Pelita Harapan, Tangerang. Lomba yang diikuti 18 tim dari berbagai Universitas di Indonesia ini diselenggarakan sehubungan dengan adanya event Civil Engineering Week 2012 –Greenovation, ”Create the World of Tomorrow…TODAY” oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Pelita Harapan. Maksud dari diselenggarakannya kompetisi ini adalah untuk dapat bersama-sama belajar dan menambah wawasan mengenai bangunan gedung yang tahan gempa. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk membuat sebuah model bangunan gedung dengan material dari kayu balsa dan lem yang mampu menahan beban selama terjadinya guncangan/getaran yang merupakan representasi dari kejadian gempa bumi.


Tim dari Unnes yang bernama "Green Quake" yang terdiri dari Kukuh C Adi Putra, Marti Istiyaningsih dan Choerul Bekti Susilo ini masih tak menyangka bisa meraih juara, apalagi juara umum pertama. “Kami masih belum percaya bisa mendapatkan peringkat pertama, karena permodelan yang kami buat belum pernah diujikan secara langsung”, kata Kukuh yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Unnes saat ini.


Bentuk permodelan yang terinspirasi dari struktur rangka kursi ternyata mampu bertahan hingga pembebanan arah sumbu x. Hal ini sangat luar biasa dan menakjubkan. Bapak Hanggoro Tri Cahyo, ST, MT selaku dosen pembimbing merasa bangga dan bersyukur serta mengingatkan agar tidak takabur dan harus mawas diri supaya tradisi juara ini dapat dipertahankan kembali. Teknik Sipil ! Siap Sukses !