Sabtu, 25 Februari 2012

SNMPTN di Unnes

Ada tiga jalan untuk menjadi mahasiswa baru Unnes 2012. Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan. Kedua, SNMPTN Jalur Ujian Tulis/Keterampilan. Ketiga, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan ujian mandiri.



SNMPTN Jalur Undangan
SNMPTN Jalur Undangan merupakan seleksi yang didasarkan pada prestasi akademik (nilai rapor) siswa kelas XII SMA/SMK/MA/MAK selama semester 3, 4, dan 5. Selain itu, didasarkan pula pada status/akreditasi sekolah asal siswa. Hanya siswa yang direkomendasikan kepala sekolah dan sekolahnya terdaftar di laman undangan.snmptn.ac.id yang bisa mendaftarkan diri dalam seleksi ini.

Lewat SNMPTN Jalur Undangan, Unnes akan menerima 5.496 mahasiswa baru. Semua program studi S1, baik kependidikan maupun non kependidikan, diikutkan di jalur ini, kecuali program studi bidang seni dan olah raga. Ini mengingat, dalam SNMPTN Jalur Undangan tidak diadakan tes keterampilan yang menjadi syarat mutlak seleksi mahasiswa di kedua bidang tersebut.


Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan dibuka mulai 1 Februari hingga 8 Maret 2012. Adapun tahapan pendaftaran jalur ini adalah sebagai berikut:
1. Kepala sekolah ke laman undangan.snmptn.ac.id.
2. Kepala sekolah memberikan nomor pendaftaran kepada siswa.
3. Siswa membayar biaya pendaftaran ke Bank Mandiri atau ke kantor pos (jika di wilayah itu tidak terdapat cabang Bank Mandiri) sebesar Rp 175.ooo,00 dengan membawa nomor pendaftaran.
4. Siswa login ke laman http://undangan.unnes.ac.id untuk mengisi formulir, selanjutnya mencetak kartu peserta SNMPTN.

File dapat diunduh dalam tautan berikut.

Alur Pendaftaran SNMPTN

Petunjuk Pembayaran SNMPTN

Tutorial Pendaftaran SNMPTN